Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus

Anak Berkebutuhan Khusus


adalah Anak Berkebutuhan Khusus adalah anak yang membutuhkan pendidikan dan layanan khusus untuk mengoptimalkan fungsi kemanusiaannya secara utuh akibat adanya perbedaan kondisi dengan kebanyakan anak lainnya.





Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Adapun karakteristik anak Berkebutuhan Khusus adalah sebagai berikut:

1. Sulit Komunikasi

    Ketika ada anak mengalami maka perilaku beradaptasi akan mengalami gangguan terutama ketika mereka berkomunikasi. Dimana ABK seringkali memiliki hambatan berbicara dan sulit bicara meskipun usianya sudah dewasa. Ucapan dan pilihan kata mereka pun yang sering didengar saja bukan dan bukan menggunakan kata yang tepat. Komunikasi memang masalah banyak orang, bahkan ketika manusia mendapatkan masalah maka komunikasi adalah hal pertama yang mudah terganggu. Untuk itu komunikasi bisa jadi alat jitu mendeteksi apakah anak anda ABK atau tidak.


2. Kesulitan Belajar
    Anak dengan kesulitan belajar merupakan individu yang memiliki gangguan pada satu atau lebih kemampuan dasar psikologis. Tak hanya itu biasanya gelombang otaknya juga terganggu sehingga menyebabkan anak tersebut mengalami IQ yang hanya rata-rata ataupun diatas rata-rata sedikit. Biasanya ABK dikategorikan sedang, berat atau ringan dari IQ yang dimilikinya.


3. Kelainan Fisik
    Secara fisik dan medis, umumnya beberapa ada kondisi fisik dan medis yang sangat berbeda dengan anak kebanyakan. Misalnya jika ia mengalami kebutuhan khusus maka ia akan mengalami komplikasi dengan bagian organ tubuh lainnya. Hal ini seringkali terjadi, mengingat anak-anak tersebut sering terjadi karena kurang sempurna nya pembelahan ketika kehamilan. Kelainan fisik bisa cacat fisik bisa juga sakit dalam bentuk komplikasi.


4. Emosional
     Emosional anak-anak ABK bukan hanya tempramen dan mudah marah melainkan terjadi hal lainnya. Jika dilihat secara emosional, mereka seringkali terperosok dalam kondisi kesepian, depresi dan juga hal-hal layaknya putus asa, merasa sendiri dan kesal pada orang lain tanpa sebab jika moodnya sedang buruk. Disinilah peran keluarga dan orang tua untuk bisa mengendalikannya anak ABK. Peran Keluarga Dalam Pendidikan Anak yang berkebutuhan khusus harus lebih ekstra lagi

dapat dilihat pada video youtube dibawah ini!!!


Untuk lebih memahami silahkan isi Quiz Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus dibawah ini:




Itulah beberapa karakteristik anak berkebutuhan khusus serta quiz untuk pemahamanmu tentang anak berkebutuhan khusus yang harus kamu ketahui. 
silahkan tinggalkan komentar, saran ataupun kritikan.. boleh juga pertanyaan untuk perbaikan kedepannya.. semoga bermanfaat!!

Share:
spacer

2 komentar:

  1. Anak yang sulit belajar biasanya karena faktor apa ya terutama sussah konsentrasi, mohon share tipsnya? Anak umur 5 thn

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas kunjungan ke blog saya. pertanyaannya akan saya jawab di artikel berikutnya. semoga bermanfaat!!

    BalasHapus